Sumber Pemicu Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Sumber Pemicu Penyakit Infeksi Saluran Kemih, Informasi Mekanisme Penyakit ISK Dan Bakteri Yang Dapat Memicu Penyakit Infeksi Saluran Kemih.Sumber Pemicu Penyakit Infeksi Saluan Kemih

Sumber Pemicu Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Mikroorganisme yang paling umum menyebabkan infeksi saluran kemih sejauh ini adalah E. coli yang diperkirakan bertanggung jawab terhadap 80% kasus infeksi, 20% sisanya disebabkan oleh bakteri Gram negatif lain seperti Klebsiella dan spesies Proteus, dan bakteri Gram positif seperti Cocci, Enterococci dan Staphylococcus saprophyticus. Organisme terakhir dapat ditemui pada kasus-kasus infeksi saluran kemih wanita muda yang aktif kegiatan seksualnya. Infeksi saluran kemih yang berhubungan dengan abnormalitas struktural saluran kemih sering disebabkan oleh bakteri yang lebih resisten seperti Pseudomonas aeruginosa , Enterobacter dan spesies Serratia. Bakteri-bakteri ini juga sering ditemui pada kasus infeksi nosokomial, terutama pada pasien yang mendapatkan kateterisasi urin.

Selain karena bakteri, faktor la in yang dapat meningkatka n resiko terjadinya infeksi saluran kemih antara lain, kehamilan, menopause, batu ginjal, memiliki banyak pasangan dalam aktivitas seksual, penggunaan diafragma sebagai alat kontrasepsi, inflamasi atau pembesaran pada prostat, kela inan pada urethra, immobilitas, kurang masukan cairan dan kateterisasi.

Mekanisme Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Secara umum mikroorganisme dapat masuk ke dalam saluran kemih dengan tiga cara yaitu:

  • Asenden yaitu jika masuknya mikroorganisme adalah melalui uretra dan cara inilah yang paling sering terjadi.
  • Hematogen (desenden), disebut demikian bila sebelumnya terjadi infeksi pada ginjal yang akhirnya menyebar sampai ke dalam saluran kemih melalui peredaran darah.
  • Jalur limfatik, jika masuknya mikroorganisme melalui sistem limfatik yang menghubungkan kandung kemih dengan ginjal namun yang terakhir ini jarang terjadi.

Pengunaan kateter seringkali menyebabkan mikroorganisme masuk ke dalam kandungan kemih. Hal ini biasanya disebabkan kurang higienisnya alat ataupun tenaga kasehatan yang memasukkan kateter. Orang lanjut usia yang sukar buang air kecil umumnya menggunakan kateter untuk memudahkan pengeluaran urin, itulah sebabnya mengapa penderita infeksi saluran kemih cenderung meningkat pada rentang usia ini.

Baca Artikel Menarik Lainnya: